AJANG KREASI SISWA KELAS 1 “SAY WITH FLOWERS”

Alhamdulillah pada tanggal 25 Mei 2011 jenjang kelas I sudah menyelenggarakan  kegiatan studi visual yang terakhir. Pada studi visual yang terakhir ini jenjang kelas I mengadakan kegiatan yang berbeda dari yang biasanya. Kali ini jenjang kelas I mengemas kegiatan studi visual dalam bentuk pentas seni. Tampilan dalam pentas seni disesuaikan dengan KD yang sudah diajarkan seperti memerankan tokoh drama dan membaca puisi pada pelajaran Bahasa Indonesia, senam irama pada pelajaran penjaskes, dan lagu anak pada pelajaran SBK. Tampilan ananda sungguh luar biasa, kelas I Nabi Adam menampilkan drama, pantun, tembang dolanan, dan puisi. Nabi Idris menampilkan drama, parade puisi, lagu daerah dan himne guru, sedangkan Nabi Nuh menampilkan tembang dolanan, puisi, senam irama, drama, dan musik perkusi.

Surat pemberitahuan kepada wali murid sudah diberikan seminggu sebelum pentas seni, sehingga wali murid bisa menyiapkan kostum yang sesuai dengan tampilan siswa. Ananda datang ke sekolah pukul 08.00 WIB sudah memakai kostum dari rumah. Pukul 08.20 ananda berbaris di depan kelas, kemudian dengan dipandu ustadz/ustadzah ananda memasuki kelas. Pentas seni ini memang diselenggarakan di kelas I Nabi Adam, Nabi Idris, dan Nabi Nuh dengan membuka skat antar kelas. Setelah siswa duduk dengan tenang acara pun dimulai dengan pembawa acara kali ini adalah ustadzah Nimas. Pak Yoshi juga ikut meramaikan acara kali ini dengan memberikan sambutan.

Sebagai pembuka acara yang pertama kali tampil adalah kelas I Nabi Adam dengan atraksi permainan tradisional yang diiringi oleh tembang dolanan, disusul oleh drama dari kelas I Nabi Nuh yang bercerita tentang seekor katak raksasa yang menghabiskan semua air di hutan. Ada siswa yang berperan sebagai sapi, kuda, kambing, belut, kupu-kupu, pohon, dan katak. Tidak kalah menarik kelas I Nabi Adam menampilkan parade puisi. Dengan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah siswa berusaha tampil dengan maksimal. Penampilan berikutnya adalah pantun dan puisi dari Nabi Adam yang cukup panjang. Kemudian drama dari Nabi Idris yang bercerita tentang seekor landak yang kesepian karena dijauhi oleh teman-temannya. Tetapi akhirnya temannya sadar bahwa tindakannya itu salah. Tampilan berikutnya adalah senam irama dan lagu dolanan yang berjudul gundul-gundul pacul dari kelas I Nabi Nuh. Demikian seterusnya sampai semua siswa bisa menunjukkan kreativitasnya di atas panggung.

Pukul 12.00 WIB semua siswa sudah selesai tampil, kemudian siswa diberi kesempatan untuk istirahat, makan, dan shalat berjamaah dengan dibimbing oleh ustadz dan ustadzah. Pukul 13.00 adalah saat-saat yang di tunggu oleh semua siswa yaitu tukar kado. Sebelumnya siswa sudah diberi tugas untuk membawa kado senilai Rp. 5.000,00 untuk ditukar dengan teman yang lain. Sayangnya ada beberapa siswa yang lupa membawa kado dari rumah. Untungnya ustadz dan ustadzah sudah menyiapkan kado untuk siswa yang tidak membawa kado, sehingga semua siswa memperoleh kado. Sebenarnya ustadz dan ustdzah juga diagendakan tukar kado, sayangnya ada beberapa ustadz dan ustdzah yang lupa sehingga khusus untuk tukar kado ustadz dan ustdzah ditunda pada hari berikutnya. Pukul 14.00 semua siswa sudah memperoleh kado, kegiatan berikutnya adalah penutupan dan bersih-bersih kelas. Siswa ikut membantu ustadz dan ustadzah membersihkan sampah dan mengembalikan kursi dan meja. Harapan dari ustadz dan ustadzah kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan meningkatkan kreativitas siswa.

1 Comment

  1. Foto-foto pentas lainnya mana? Bisa di upload lebih banyak dong…biar orang tua bisa lihat juga apa aja sih kegiatannya putra-putrinya di sekolah…..tq.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*